Sejarah

SELAMAT DATANG DI YAYASAN PERGURUAN TRISOKO

YAYASAN PERGURUAN TRISOKO menyelanggarakan pendidikan mulai dari tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan mendapat predikat Akreditasi “A” dari Badan Akreditasi Sekolah

 

ARTI KATA TRISOKO

Nama “TRISOKO” sendiri artinya adalah sebagai berikut ,

TRI artinya Tiga,

 SOKO / SAKA artinya Tiang

TRISOKO  berarti  3 TIANG.

Bisa diartikan sebagai pendiri Yayasan Perguruan Trisoko yang berjumlah tiga orang, sekaligus 3 TIANG sebagai “Pegangan atau Motto Yayasan” yang terdiri dari sebagai berikut :

  1. Tiang ke I (Satu) , berarti Taqwa dan Iman terhadap ajaran Agama / Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Tiang ke II (Dua), berarti Terampil, Cerdas dan Berpengetahuan.
  3. Tiang ke III (Tiga) , berarti Selalu dapat mengerjakan amal kebaikan bersifat sosial dan manusiawi serta turut mengamankan dan meningkatkan pembangunan bangsa Negara Republik Indonesia.

SEJARAH SINGKAT YAYASAN PERGURUAN TRISOKO

Yayasan Perguruan Trisoko berdiri sejak tanggal 1 September 1960 di Jakarta. Didirikan oleh tiga orang pendiri  (Founding Father) yaitu :

  • Bapak Sarto (Almarhum)
  • Bapak Djabangun Rifa’I Harahap (Almarhum)
  • Bapak Soedono Kartowiakso (Almarhum)

Yayasan Perguruan Trisoko telah diaktakan pada tanggal 7 April 1971 dihadapan Notaris Mohammad Said Tadjoedin dengan nomor Notaris No.50/Tahun 1971, oleh 4 (Empat) orang sekaligus sebagai pengurus Yayasan yakni :

  • Bapak Soedono Kartowiakso – Jakarta
  • Nyonya Kuning – Jakarta
  • Bapak Abdul Hamid – Jakarta
  • Bapak Subagjo Sarjono – Jakarta

Pada awalnya Yayasan Perguruan Trisoko berlokasi di Jalan Raya Bogor (Sekarang menjadi SMP Negeri 49 Jakarta Timur) dan hanya menyelenggarakan pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) saja. Setelah pindah menempati lokasi baru di jalan Dukuh II, di tahun 1982 mulai menyelenggarakan kegiatan pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA).